Chocodot Oleh-Oleh Khas Garut Yang Mendunia

Chocodot Oleh-Oleh Khas Garut Yang Mendunia

Garut memang terkenal dengan tempat pariwisatanya, kota kecil yang cantik dengan keindahan pemandangan alamnya membuat Garut mendapat julukan Swiss Van Java. Selain wisata ada juga makanan khas dari Garut yang juga terkenal dan menjadi oleh-oleh yang wajib di beli ketika berkunjung di Garut, seperti beberpa makanan sederhana seperti dodol picnik, chocodot serta baru-baru ada bakso online.

Dodol Garut memang sudah tidak asing lagi makanan yang satu ini memiliki varian rasa yang cukup enak, namun ada yang berbeda dengan makanan khas yang sudah menjdi icon kota Garut ini. Siapa sangka makanan yang biasa ini menjadi makanan yang bukan biasa-biasa saja. Makanan yang bisa dikatakan sederhana tersebut kini terlihat mewah dan memiliiki cita rasa tinggi. Berbagai produk inovatif hasil kombinasi cokelat dengan makanan tradisional Kota Garut. Melalui brandnya, Chocodot ingin mengangkat citra makanan khas Garut hingga ke pentas nasional dan dunia. Apa saja produknya?. Buah tangan kreatif dari seorang pengusaha muda bernama Kiki Gumelar yang menggabungkan antara coklat dan dodol mengahsilkan inovaasi terbaru dalam kuliner Indonesia. Hasil penggabungan cokelat dengan makanan tradisonal khas Garut tersebut deberi nama Chocodot. Chocodot telah memperkaya kuliner khas Garut dan mengangkat makanan tradisional hingga ke pentas nasional bahkan dunia kerana Chocodot merupakan produk inovatif cokelat isi dodol pertama di dunia.

oleh-oleh khas garut

Selain Chocodot, pengusaha muda ini juga membuat kreasi produk unik lainnya seperti Gage Choco. Gage Choco merupakan singkatan dari ‘Garut Geulis Cokelat’. Dan lagi-lagi Garut harus berbangga hati karena Gage Choco menggunakan kemasan besek sebagai ciri khas unik produk tersebut. Besek yang sudah hampir hilang dari tradisi masyarakat setempat dan merupakan pembungkus makanan khas Parahyangan tersebut dikemas dalam tampilan yang mungil nan cantik. Di dalamnya diisi cokelat isi cream buah. Kiki berharap dari Gage Choco ini.

Tidak hanya sampai distu, tangan kreatif Kiki Gumelar menghasilkan inovasi terbaru lainnya seperti BRODOL (Browniez Dodol) dan RANGICOK EUY. BRODOL (Browniez Dodol) yaitu browniez khas Amerika yang merupakan cake bantat dimodifikasi dengan isi dodol khas Garut. Produk kreatif ini juga diciptakan untuk Kota Garut sehingga bisa dijadikan buah tangan khas Garut. Legitnya dodol Garut bisa dinikmati dalam irisan-irisan browniez manis khas Tama Cokelat. Sedangkan RANGICOK EUY (Ranginang celup Cokelat EUY) adalah Ranginang khas Garut dengan balutan cokelat yang akan sangat menggoda lidah para pecinta kuliner Jawa Barat. Masih banyak lagi produk kreatif dan unik hasil olahan Kiki Gumilar. Semua produknya merupakan hasil kombinasi cokelat.

Salah satu keingin Kiki Gumilar yang ingin menjadikan cokelat sebagai buah tangan khas Garut tanpa lepas dari budaya dan adat Sunda kini perlahan mulai tercapai berkat karya-karaya unik yang dia ciptakan dari cokelat. Chocodot dan produk yang lainnya banyak menarik perhatian semua kalangan. Tidak butuh waktu yang lama hingga mereka bisa berkembang besar. Omsetnya kini telah mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah dengan kenaikan 20% – 200% per tahunnya. Kiki juga kerap mendapat undangan ke berbagai negara. Berbagai penghargaan telah ia dapatkan. Bahkan di Italia, Chocodot menjadi juara pada ajang acara “Niche Tutto Food 2011”.

Gungun Gunawan