Kampung Sampireun Hotel & Resort

Kampung Sampireun Hotel & Resort

Siapa yang tak kenal dengan Kampung Sampireun. Tempat wisata yang terletak di Kampung Ciparay, desa Sukakarya kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini menyajikan pengalaman berlibur nuansa alam yang luar biasa. Anda akan disambut oleh banyak pepohonan pada kiri dan kanan jalan masuk area parkir. Kampung Sampireun Garut menawarkan suasana kampung Sunda yang begitu otentik. Alunan dari musik tradisional Sunda akan mengiringi perjalanan anda selama menginap di sana. Tak ketinggalan macam macam tarian khas Sunda juga dipertujukan di sini. tak salah rasanya jika menyatakan bahwa Sampireun ini adalah replika dari kampung Sunda namun dibalut dengan nuansa moderen.

Pemandangan yang asri adalah konsep yang dijual dari Kampung Sampireunini. Kampung tak hanya tempat wisata khas daerah Garut tapi juga sebuah Resort yang mengusung konsep Perkampungan Sunda. Resort ini berada di ketinggian sekitar 1.000 meter diatas permukaan laut jadi rumah yang baik pepohonan. Bangunan beratap sirap yang menyatu dengan lobby menambah kesan dari perpaduan apik antara dunia moderen dan perkampungan di daerah daratan pasundan. Berlokasi di atas area seluas 3,6 hektar termasuk luas Site Sampireun (1 Hektar) dengan 7 mata airnya juga menyediakan hamparan danau buatan yang memisahkan kamar kamar hotel dengan dunia luar. Anda bisa menikmati sensasi dari mendayung perahu berkeliling danau menggunakan perahu perahu tradisional yang sengaja disediakan oleh pihak hotel.

Lihat juga : Green Kamojang Hotel & Resort

Kampung Sampireun diambil dari kata Situ yang berarti Danau, dan Sampireun yang berarti Tempat Singgah, disadur dari bahasa Sunda. Daerah yang dijadikan tempat Kampung Sampireun ini memiliki sumber mata air yang lumayan besar dan masih dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mengairi sawah-sawah dan pemandian umum di desa. Pada salah satu sudut kompleks nyatanya masih mempertahankan kebun kebun bambu. Keberadaan kebun kebun bambu tersebut tentunya menambah nuansa sejuk nan tenang ditemani suara gemerisik angin dan air pada danau.

Tanaman Pinus yang rindang pada sudut-sudut lain yang juga ditata asri sungguh sesuai dengan konsep “Tropical Garden Lust” yang diusungnya. Berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut membuat temperatur tempat ini jadi sangat sejuk yanitu antara 12 C-18 C.Dengan konsep yang unik yaitu “Back To Nature” maka Kampung Sampireun pantas dijadikan tempat favorit bagi anda yang ingin berbulan madu ataupun untuk anda yang ingin meluangkan akhir pekan.Bagi kalian yang membutuhkan istirahat dari rutinitas sehari-hari di kota besar, kampung Sampireun bisa jadi pilihannya.

Kampung Sampireun Hotel & Resort diresmikan Menteri Pariwisata Seni dan Budaya Bapak Marzuki Usman pada tanggal 4 September 1999, memiliki 22 Bungalow terdiri dari 8 unit.Masing masing jenis kamar memiliki teras, hanya jumlah kamar tidur yang membedakan tiap tipe kamarnya. Selain itu ada bungalow yang sengaja dirancang dengan ciri khas Rumah Panggung Tatar Sunda Parahyangan. Setelah memberikan kenyamanan pada kamar hotel, pihak pengelola juga memfasilitasipengunjung dengan Seruling Bambu Restaurant, Bale Putri Amantie, Waroeng Kopi ala kampung Sunda, sebagai tempat anda interaksi dengan sesama tamu dan pekerja.Tak hanya itu, kampung ini juga menyediakan Taman Sanghyang Dayu yang dapat dipergunakan sebagai tempat “Dinner Party”, dilengkapi dengankolam renang. Tak lupa pula, dengan adanya playground untuk anak anak membuat tempat ini sangatlah cocok untuk anda menghabiskan akhir pekan anda nanti.

admin