Melirik Indahnya Curug Cibadak Cihurip

Melirik Indahnya Curug Cibadak Cihurip

SEKILAS

Keindahan dan kekayaan garut selatan tidak hanya terletak pada pantainya saja, namun sekarang ini di media sosial sudah banyak bermunculan objek wisata curug/air terjun di daerah garut selatan, salah satunya yaitu Curug Cibadak yang berlokasi di desa cisangkal Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut. Menurut warga sekitar, Dinamakan Curug Cibadak karena Curug Ini terletak di aliran sungai Cibadak dan memiliki debit air yang besar atau dalam bahasa sunda yaitu “Badag”.

Curug cibadak ini mulai dikelola oleh masyarakat desa cisangkal sekitar akhir taun 2016 dengan memberlakukan tiket masuk. walaupun sudah mulai dikelola, namun keadaan curug masih sangat asri dan belum ada penambahan fasilitas dikarenakan sumber daya dan sumber dana yang terbatas. Walaupun berada di daerah pelosok garut, namun keindahan Curug Cibadak yang memiliki dua tingkatan air terjun ini mulai menarik pengunjung dari dalam maupun luar kota garut.

Ketinggian Curug Cibadak ini pernah di ukur oleh tim pemanjat tebing dan tim Ekspedisi dari Metro TV. Ternyata setelah diukur dari titik air terjun pertama, Curug Cibadak memiliki ketinggian lebih dari 100 M yang tentunya melebihi ketinggian curug sanghiyang taraje.

Letak Curug Cibadak tidak jauh dari jalanan desa yaitu berada di samping kiri jalan, bahkan dari jalan pun anda sudah bisa menikmati Pemandangan Curug Cibadak karena letak nya yang hanya beberapa meter dari jalanan desa, sehingga untuk menuju lokasi tidak diperlukan trekking yang terlalu jauh. View disekitaran Curug berupa pemandangan hijau pesawahan dan perkebunan warga yang masih sangat asri.

RUTE MENUJU CURUG CIBADAK

Walaupun letaknya jauh dari pusat Kota Kabupaten Garut, Akses menuju Curug Cibadak tidak terlalu Sulit. Jika dari arah Kota Garut kalian tinggal mengikuti jalan menuju pameungpek, kemudian setelah memasuki jalan Cihideng atau sebelum Gunung Gelap, ada persimpangan kalian ambil jalan ke kiri yang menuju Cihurip yang ditandai dengan adanya Gapura yang bertuliskan “Selamat Datang Di Kecamatan Cihurip” dijalan tersebut juga sudah ada Plang/petunjuk informasi jarak tempuh wisata di Cihurip. Jarak dari Gapura menuju Curug Cibadak sekitar 10KM atau sekitar 40 Menit, dari gapura kalian tinggal mengikuti jalur, jika banyak persimpangan kalian tidak usah khawatir karena sudah ada petunjuk arah sehingga memudahkan untuk menuju lokasi.

Apabila menggunakan angkutan umum, kalian bisa menggunakan elf jurusan Cihurip dari terminal garut/ dari terminal lw.panjang bandung. Namun karena jumlah elf yang ke Cihurip ini tidak banyak, biasanya butuh waktu yang cukup lama untuk menunggu elf ini. Rute elf Cihurip ini tepat melewati jalan menuju Curug Cibadak Cisangkal yang tentunya memudahkan kalian untuk menuju lokasi. Kalian tinggal bilang ke mamang supir/kondektur agar menurunkan kalian di Curug Cibadak Cisangkal. Tarif ogkos nya disesuaikan dengan kondektur.

AKSES JALAN

Kondisi jalan dari Garut Kota menuju Cihideng (Gapura Cihurip) masih sangat baik, Setelah memasuki kawasan Cihurip, kondisi jalan mulai berlubang dan banyak ditemui tanjakan dengan tikungan tajam, tidak hanya itu kondisi jalanan juga tidak terlalu lebar tapi tidak usah khawatir karena jalanan masih bisa dilewati oleh kendaraan roda 4 termasuk bis kecil. Namun setelah memasuki desa Cisangkal kondisi jalan sudah mulai terjal dan rusak parah dengan material bebatuan sehingga disarankan untuk tidak menggunakan mobil sedan atau mobil mobil dengan suspensi rendah dan lebih cocok ditempuh menggunakan motor trail atau mobil jeep.

KEGIATAN YANG BISA DILAKUKAN

  1. Bermain Air di kawasan Curug

Debit Air Curug Cibadak memang terbilang cukup besar ketika musim hujan, oleh karena itu kalian harus waspada ketika bermain air di curug cibadak ini.  Walaupun musim hujan, kalian masih bisa bermain air atau basah basahan menikmati aliran air Curug disini, karena air di Curug Cibadak ini sangat jernih baik di musim kemarau maupun musim hujan hal ini karena struktur tanah diatas curug berupa bebatuan , selain itu aliran air curug cibadak bersumber langsung dari sumber air dan tidak melewati sungai terlebih dahulu, sehingga kejernihan dan kesegaran air curug nya tetap bisa kita nikmati.

Perlu diketahui, kolam dibawah air curug ini cukup dangkal, sehingga kalian tidak bisa berenang dengan bebas. Namun tidak usah khawatir jika kalian ingin berenang kalian bisa berenang di aliran sungai cibadak di bawah curug, karena terdapat  seperti bendungan kecil yang menyerupai kolam, tepatnya di sebelah kanan jalan.

  1. Foto Selfi

Keindahan Curug cibadak yang memiliki 2 tingkatan/ 2 terjunan dan ditambah View disekitaran Curug berupa pemandangan hijau pesawahan dan perkebunan warga yang masih sangat asri, curug ini tentunya menjadi tempat yang instagramable untuk di jadikan spot foto. Apalagi untuk kalian yang fanatic dengan keindahan curug, curug cibadak sangat recommended untuk kalian kunjungi.

HARGA TIKET MASUK

Setelah dikelola oleh masyarakat desa setempat, akhirnya sekitar akhir taun 2016 diberlakukan tiket masuk Curug Cibadak. Harga tiket masuknya cukup terjangkau yakni Rp 10.000/orang.

Untuk pembayaran tiket dipungut oleh salah seorang penjaga disana yang stay di pos/saung kecil di pinggir kanan jalan.

FASILITAS

Karena baru dikelola, belum ada tambahan Fasilitas untuk para wisatawan, jadi bagi kalian yang membawa kendaraan baik roda 2 maupun roda 4, bisa memarkirkan kendaraan kalian di pinggir jalan dan menyesuaikan dengan lahan jalan yang tersedia agar tidak mengganggu lalu lintas.

Disini juga belum terdapat Fasilitas toilet/Tempat untuk mengganti pakaian, sehingga bagi kalian yang ingin mengganti baju selepas mandi, kalian harus pintar pintar menyesuaikan diri menggunakan semak-semak atau menggunakan kain sarung.

We travel not to escape life, but for life not to escape us

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*